Hargailah sebuah proses dalam setiap langkah yang kita lewati karena disanalah kita menyadari adanya sebuah perjuangan bagaimana kita mencapai apa yang telah kita dapatkan kini

Selasa, 09 Desember 2014

RANGKUMAN JARINGAN KERJA SAMA PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI PUST 4316



MODUL 1
Konsep Dasar Jaringan Kerja Sama Perpustakaan dan Informasi
KB 1
Konsep Jaringan Kerja Sama

A.    JARINGAN KERJA SAMA PERPUSTAKAAN
Atheron (1977) berpendapat bahwa dalam sistem jaringan tiap peserta sistem diharapkan sampai kepada tujuan yang telah disepakati bersama dan untuk tujuan tadi perpustakaan menghimpun sumber tenaga, biaya, alat, dan keterampilan pengelolaan. Sulistyo-Basuki (1996) memberikan contoh arti jaringan merujuk pada pengertian berikut ini.
1.      Badan yang khusus dibentuk untuk melaksanakan jasa perpustakaan gabungan, kadang-kadang namun tidak selalu, jasa tersebut berbantuan komputer.
2.      Perangkat keras fisik komunikasi semacam kabel, sakelar yang merupakan saluran sinyal elektronik yang berada di sebuah gedung atau meliputi sebuah kawasan geografis yang lebih luas.
3.      Perangkat lunak yang mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain dengan cara melalui hubungan sisik komunikasi.
4.      Jasa yang tersedia dalam sistem telekomunikasi seperti surat elektronik (e-mail) dan konferensi jarak jauh (teleconference).
5.      Berbagai kelompok yang tergabung melalui sebuah sistem koneksi seperti BITNET yang menjalin komunikasi di lingkungan perguruan tinggi.
Jaringan perpustakaan berarti suatu sistem hubungan antar perpustakaan yang diatur dan disusun menurut berbagai bentuk persetujuan, yang memungkinkan komunikasi dan pengiriman secara terus menerus informasi bibliografis maupun informasi-informasi lainnya. Istilah jaringan perpustakaan dalam bahasa Inggris disebut library cooperation. Jaringan ini biasanya berbentuk organisasi formal terdiri atas dua perpustakaan atau lebih, dengan tujuan sama. Manfaat kerja sama perpustakaan, antara lain :
1.      Menyediakan akses yang cepat dan mudah meskipun melalui jarak jauh
2.      Menyediakan informasi yang lebih mutakhir yang dapat digunakan secara fleksibel bagi pemakai sesuai kebutuhannya
3.      Memudahkan format ulang dan kombinasi data dari berbagai sumber (kemas ulang informasi).
Jaringan kerja sama peprustakaan berfungi untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap koleksi, memperbaiki pelayanan pengguna dan teknis, meningkatkan aktivitas dalam berbagai sumber daya, mengurangi duplikasi, dan menciptakan pelayanan yang efisisen.
Istilah lain untuk jaringan perpustakaan adalah konsorsium perpustakaan, artinya dua perpustakaan atau lebih yang bekerja bersama-sama mengerjakan sejumlah proyek, dapat menggunakan komputer dan telekomunikasi, namun dapat pula tidak menggunakannya. Istilah lain yang berkaitan adalah jaringan bibliografi atau bibliographic network adalah badan nirlaba yang bertujuan mencari laba dengan memberikan sistem rujukan nasional dna internasional.
Kerja sama dalam pengertian sempit pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu, tetapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dnegan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan. Kerja sama merupakan gabungan dari dua kata, yaitua dan sama. Kata kerja berarti melakukan aktivitas untuk menghasilkan sesuatu, sedangkan sama berarti identik, tidak ada perbedaan, maka kerja sama adalah melakukan aktivitas untuk menghasilkan sesuatu yang dilakukan dengan bantuqn orang lain (dua orang atau lebih) untuk mencapai tujuan yang sama dalam rangka mencapai suatu tujuan yang sama.
                                    Purwadarminta (1986, 492) memaknai kerja sama adalah sebagai suatu perbuatan bantu membantu atau yang dilakukan bersama-sama. Kerja sama perpustakaan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan perpustakaan yang dilakukan secara bersama-sama dengan perpustakaan lainnya, baik terdiri atas dua perpustakaan atau lebih, dalam rangka melaksanakan suatu usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
B.     ALASAN PERLUNYA JARINGAN KERJA SAMA PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
1.      Pengingkatan jumlah buku yang diterbitkan
2.      Semakin banyaknya jenis media yang diterbitkan
3.      Meningkatnya kebutuhan pemakai
4.      Tuntutan masyarakat untuk memperoleh informasi yang sama baiknya dengan tidak memandang lokasi di mana mereka berada
5.      Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi
6.      Tuntutan penghematan dan mengatasi kendala anggaran
C.     KEUNTUNGAN KERJA SAMA PERPUSTAKAAN
Menurut Tjitropranoto (1996) keuntungan yang dapat diperoleh, antara lain :
1.      Pemanfaatan Koleksi Bahan Pustaka (Utilization of Information)
2.      Berbagi Alat Temu Kembali (Retrieval Tool Sharing)
3.      Berbagi Ilmu Pengetahuan dan Pengalaman (Knowledge Sharing)
4.      Pengembangan Ketrampilan (Skill Development)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar