Hargailah sebuah proses dalam setiap langkah yang kita lewati karena disanalah kita menyadari adanya sebuah perjuangan bagaimana kita mencapai apa yang telah kita dapatkan kini

Kamis, 20 November 2014

Rangkuman Kajian Software MODUL 3 Perangkat Keras (Hardware)



KB 1. Komponen Perangkat Keras: Peralatan Input, Proses, Output

            Perangkat keras komputer (hardware) merupakan peralatan fisik yang bertugas menjalankan berbagai aktivitas komputasi, seperti memasukkan dan mengolah data, serta menghasilkan, menyimpan dan mengomunikasikan data dan informasi. Komponen perangkat keras terdiri dari :
A.    PERALATAN INPUT
Merupakan alat yang berfungsi untuk memasukkan atau mengirim data ke peralatan penyimpan. Peralatan input terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :
1.      Peralatan Input Tradisional (Traditional Input Devices)
a.       Keyboard
b.      Peralatan penunjuk (point and draw devices) antara lain meiputi: Mouse, Trackball, Joystick, Digitizer tablet and pen, Papan sentuh (touch pad), Pelacak posisi kepala dan mata (head position and eye trackers), dan Layar sentuh (touch screen monitor)
2.      Peralatan Input Otomasi (Source-data automation)
a.       Pemindai optis (optical scanner) me;iputi: Pemindai kode batang (barcode scanner), Pembaca tanda optis (optical mark reader), Pembaca karakter tinta magnetis (magnetic ink character reader), dan Pengenal karakter optis (optical character recognition)
b.      Pemindai citra (image scanner)
c.       Sistem pengenal suara (voice recognition system)
d.      Sensor
e.       Kamera
f.       Peralatan transaksi tunai (cash-transaction devices) meliputi ATM dan Terminal penjualan.
g.      Pelacak gerakan tangan (hand-tracking devices)
B.     PERALATAN PROSES
Merupakan alat yang berfungsi untuk memanipulasi data dan mengontrol tugas-tugas yang dilaksanakan oleh komponen-komponen komputer lainnya. Unit pengolah pusat (CPU) ,merupakan pusat dari seluruh aktivitas pengolahan komputer yang terdiri dari :
1.      Unit pengendali (control unit/CU)
2.      Unit logika aritmetika (arithmetic logical unit/ALU)
3.      Penyimpanan primer (primary storage), terdiri dari: RAM, register, memori cache, ROM.
C.    PERALATAN OUTPUT
Merupakan alat yang befungsi untuk menampilkan hasil pengolahan komputer menjadi bentuk yang dimengerti manusia. Perlataan output terdiri dari:
1.      Peralatan Output Soft Copy
a.       Monitor, jika dilihat dari segi warna, monitor terbagi menjadi monochrome dan berwarna (colors).
2.      Peralatan Output Hard Copy
a.       Printer, jika dilihat dari kecepatan mencetaknya terbagi menjadi serial printer, line printer dan page printer. Sedangkan dilihat dari teknologi yang dipakai terdiri dari impact printer dan non impact printer.
b.      Plotter, terdiri dari COM (Computer Output microform) dan Desktop Film Recorders.
KB. 2 Komponen Perangkat Keras: Peralatan Penyimpan dan Komunikasi
A.    PERALATAN PENYIMPAN
Merupakan alat untuk menyimpan data yang  berkapasitas simpan besar dan penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Peralatan penyimpanan ada beberapa macam medianya yaitu :
1.                   Media Magnetis (menggunakan bahan dasar magnet), terdiri dari:
a.    Pita Magnetis (Magnetic Tape), dapat menyimpan data dalam jumlah besar, umumnya digunakan untuk membuat data cadangan (back up). Ada 3 jenis pita magnetis, yaitu: kumparan/gulungan rol (reel to reel), kaset, dan catridge.
b.    Cakram Magnetis (Magnectic Disk),menyimpan dalam bentuk cakram magnetis data dalam berbagai track serta sektor yang memberikan alamat untuk setiap potongan data. Contohnya: harddisk, floppy diskette, dan zip disk.
2.                  Penyimpanan Optis, menggunakan piringan plastik yang reflektif serta permukaannya dapat dibaca oleh laser. Jenis-jenisnya antara lain: CD, DVD, dan FDM-ROM.
3.                  Peralatan Komunikasi, merupakan komponen hardware yang berfungsi untuk menghubungkan data dari jaringan komputer eksternal ke peralatan proses, begitupun sebaliknya. Peralata komunikasi antara lain:
a.    Modem (Modulator Demodulator), merupakan alaa yang bekerja dengan cara mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
b.    Special-function processor, berfungsi untuk menampung beban pengolahan yang didistribusikan oleh komputer pusat.
c.    Front-end processor, bertugas mengadakan hubungan antara sumber dan tujuan serta mengambil alih tugas pengolahan komputer pusat yang berhubungan dengan komunikasi.
d.   Down-line processor, berfungsi sebagai terminal jarak jauh.
e.    Router, berfungsi menjembatani kesenjangan antara jaringan yang tidak kompatibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar